Cara menggunakan Ion Auth

Cara menggunakan Ion Auth di Codeigniter bukan hanya mudah dalam menginstalasinya tetapi juga dalam menggunakannya. Tetapi sebelumnya pada pembahasan cara menggunakan ion auth ini, setidak akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai ion auth ini. Ion Auth merupakan sebuah pustaka otentikasi sederhana dan ringan pada Framework Codeigniter yang dibuat oleh Ben Edmunds.

Pustaka ini pastinya akan mempermudah pekerjaan seorang Development Web dalam mengerjakan project-nya yang berkaitan dengan otentikasi. Otentikasi merupakan sebuah proses keamanan yang mengharuskan pengguna untuk melakukan dua cara identifikasi sebelum mengakses akun miliknya. Dua tingkat keamanan tersebut merupakan kata sandi Anda dan kode khusus unik yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi otentikasi. Dalam hal ini kita akan menggunakannya sewaktu Login pada sebuah aplikasi yang kita buat sehingga data yang diterima saat login tersebut bisa terfilter terlebih dahulu termasuk untuk menghindari SQL Injection dan sebagainya.

Fitur pada Ion Auth

Adapun fitur yang dapat kita gunakan pada library Ion Auth ini diantaranya :

  • Forgotten Password, Mungkin hampir semua aplikasi saat login memiliki fitur ini ya. Fitur ini sangat bergunakan bagi user apabila lupa / ingin mereset password yang dia gunakan.
  • Max Login Attempts Exceeded, Fitur ini berfungsi untuk membatasi user saat login apabila terjadi kesalahan penginputan dan apabila melebihi batas tersebut maka user akan diblokir sementara waktu. Selain itu juga fitur ini sangat berguna dari segi keamanan.
  • Group User, Fitur ini juga dapat memberikan hak akses kepada user yang kita buat. Karena bisa saja setiap user tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda pada aplikasi yang kita buat. Misalkan menu untuk user kasir berbeda dengan menu user Gudang.

Selengkapnya bisa dilihat disini.

Instalasi Ion Auth

  1. Siapkan terlebih dahulu project Codeigniter-nya dengan nama ion_auth.
  2. Download Ion Auth nya disini atau bila tidak bisa dapat dilihat disini.
  3. Kemudian bila sudah selanjutnya ekstrak Ion Auth tersebut kedalam project Codeigniter yang telah disiapkan tadi (ditimpa saja didalam folder Application).

    Ion Auth - bebas-ngoding.com - cara menggunakan ion auth
    Hasil Codeigniter yang telah ditambahkan Ion Auth
  4. Selanjutnya kita akan konfigurasi terlebih dahulu pada routes.php untuk default controller nya kita ubah menjadi Auth. 
    $route['default_controller'] = 'Auth';
  5. Bila dilihat gambar diatas terdapat folder sql dimana folder tersebut berisi file sql yang telah disediakan oleh  Ion Auth dalam menggunakan library ini. Saat saya membuat posting ini terdapat 3 file sql yang disediakan yaitu untuk Microsoft Server SQL, PostgreSQL, dan SQL biasa (MySQL).
  6. Kemudian Siapkan terlebuh dahulu databasenya (saya menggunakan PosrgreSQL dengan nama db_ion_auth) dan tambahkan sql tersebut pada pada database anda. Adapun table yang dibuat yaitu : groups, login_attempts, users, dan users_groups. Bila anda menggunakan database baru jangan lupa untuk disetting terlebih dahulu database.php nya sesuai dengan database yang dibuat ya.

Cara menggunakan Ion Auth di Codeigniter

Selanjutnya setelah kita melakukan instalasi Ion Auth diatas tahap berikutnya yaitu cara menggunakan Ion Auth di codeigniter.

Coba kita buka terlebih dahulu alamat berikut : http://localhost/ion_auth/index.php/auth bila muncul tampilan login maka kita bisa melanjutkan ketahap berikutnya dan bila terjadinya error harap diperiksa kembali config.php dan htaccess yang anda gunakan.

cara menggunakan ion auth
cara menggunakan ion auth

Secara default email / username yang digunakan adalah admin@admin.com dan passwordnya password. Dan bila kita berhasil login maka akan muncul tampilan seperti ini.

tabel user ion auth codeigniter

Sampai sini anda sudah dapat menggunakan library Ion Auth untuk melakukan beberapa Fitur seperti Batas maksimal limit login, Tambah dan edit Data User dan Group-nya. Kemudian untuk fitur lupa password akan dijelaskan secara terpisah pada posting selanjutnya. Bila anda ingin mencoba-coba bisa dilihat kofigurasi Ion Auth ini pada file ion_auth.php (application/config/ion_auth.php).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.